Mencapai Tujuan Usaha Kita

Mengambil Hikmah Di Setiap Bencana Yang Terjadi

Di mana masa yang akan datang tersebut tidak berkesudahan, bahkan merupakan suatu yang berkesinambungan sampai hari pengadilan nanti. Sehingga menjadi jelas pula, bahwa al-Qur’an sebenarnya banyak memberikan informasi tentang masalah sains fashionable. Hal ini akan semakin jelas dan nyata apabila dibuktikan lewatintidharatau observasi terhadap gejala-gejala alam itu sendiri, yang dinyatakan sebagaiâyat(tanda-tanda) kekuasaan Allah swt. Nilai persatuan Indonesia bersumber pada asas kedaulatan rakyat, serta menentang segala bentuk feodalisme, totaliter dan kediktatoran oleh mayoritas maupun minoritas. Nilai persatuan Indonesia mengandung makna adanya usaha untuk bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya, di belakang teknologi informasi, banyak sekali teknologi maju dan trendy yang refined. “Misalnya, teknologi ketika merancang bom nuklir, ketika merancang senjata biologis dan sebagainya. Pertanyaannya, mampukah kita menjaga agar transformasi digital ini tetap memiliki value, memiliki nilai yang bermanfaat buat kehidupan umat manusia,” ungkapnya retoris. Liputan6.com, Jakarta – Karena jumlah kematian akibat pandemi virus corona yang terus berlanjut terus meningkat, tidak mudah untuk menemukan alasan untuk ceria. Lockdownyang disebabkan oleh pandemi virus corona telah membawa banyak dampak –dan beberapa di antaranya secara mengejutkan positif.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Pelaksanaan kegiatan konstruksi beroperasi 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Pengaruh gravitasi pada gerakan sholat dapat membantu kerja jantung untuk memompakan darah keseluruh tubuh. Pada saat badan berdiri posisi kepala lebih tinggi dari jantung maka kerja jantung cukup berat untuk memompakan darah ke kepala dibandingkan saat posisi rukuk maupun sujud. Jadi saat sujud merupakan saat yang lebih nyaman kita rasakan dalam sholat. Penjelasan dan pemilihan tentang nomor surat dan nomor ayat dalam Al-Qur’an ini, disesuaikan dengan makna dan hikmah fisika yang terdapat dalam beberapa terjemahan dan tafsir Al-Qur’an oleh Ulama Islam.

Sehingga, kesenjangan sosial akan semakin kecil dan tali persaudaraan akan terasa lebih erat. Sedangkan untuk kelompok benda tidak bergerak adalah wakaf tanah, yakni berupa hak atas tanah, bangunan, rumah, benda yang berhubungan dengan tanah, dan benda tidak bergerak lainnya. Wakaf jenis ini yang paling umum adalah pemanfaatan tanah untuk pembangunan tempat ibadah. Jika diistilahkan dari artinya, wakaf adalah menahan harta yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umum tanpa mengurangi nilai harga. Tujuan wakaf selain untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, juga mendapatkan pahala yang terus mengalir meskipun kita telah meninggal dunia karena manfaatnya bisa dirasakan banyak orang lain dan bersifat kekal.

Tidak sedikit orang yang mengeluh dan bertanya-tanya, kapan wabah Covid-19 itu berakhir? Ungkapan pertanyaan tersebut tidak jarang disampaikan secara emosional. Mungkin karena merasa jenuh, merasa terbelenggu dengan situasi dan tidak sebebas ketika belum ada wabah Covid-19. Tidak jarang pula orang langsung berspekulasi bahwa wabah covid itu hanya dibuat dan merupakan konspirasi. “Kedua, kita semakin sadar dan harus mau mengakui kalau manusia itu sebenarnya tidak berdaya. Mau sepintar apapun, sekaya apapun, sesehat apapun, ternyata ketika didatangkan wabah virus menjadi lemah dan tidak berdaya,” sambungnya. Di tengah minimnya ilmu agama saya, dan didorong keinginan untuk meringankan beban pikirannya saya cuman bisa menjawab “ Wis thalah Mbak, turuti saja keinginannya.

Banyak dari kita yang memberikan bantuan berupa baju bekas, makanan, dan bahkan tempat tinggal sementara saat banjir di Jakarta. Tidak hanya itu, banyak masyarakat yang turut membantu para korban Covid-19 bahkan petugas medis. Contohnya seperti menggalang donasi, membuat Alat Perlindungan Diri , melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah, dan masih banyak lagi.

Ada batu-batu besar dan ada batu-batu kecil atau kita menyebutnya kerikil. Untuk memenuhi ember dengan batu-batu tersebut kita akan mengutamakan batu-batu besar untuk dimasukkan ke dalam ember terlebih dahulu, kemudian mengisi ruang-ruang kosong dengan kerikil. Apabila kita memasukkan kerikil terlebih dahulu, maka batu-batu besar tersebut kemungkinan tidak bisa masuk ke dalam ember, mungkin saja bisa, tapi tidak bisa semua. Dari perumpamaan tersebut diatas, Stephen R. Covey menggambarkan bahwa kita harus mementingkan yang menjadi prioritas terlebih dahulu. Prioritas adalah yang memiliki dampak besar terhadap tujuan kita, yang menjadi target terdekat dan bisa jadi berpengaruh bagi orang banyak. Puasa yang dilaksanakan dari subuh hingga adzan magrib berkumandang tentu bukan hal mudah jika kita tidak terbiasa menahan diri.

Dalam perspektif al-Qur’an, pemahaman terhadap alam ini tidak akan bermakna kecuali jika ia membantu kita memahami Sang Pencipta dan dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Sebab, inilah tujuan utama dan terutama dari memahami alam semesta. Menurut al-Qur’an alam semsta ini merupakan suatu tanda-tanda yang berfungsi sebagai sarana untuk dapat meraih pengethuan tentang Tuhan. Al-Qur’an surat Fushshilat ayat fifty three tersebut secara khusus menunjukkan suatu isyarat akan tumbuhnya berbagai jenis ilmu pengetahuan serta tujuannya. Hal ini dapat dilihat pada huruf ‘sin’ yang terdapat pada kata ‘sanurihim’ yang berarti ‘Kami akan memperlihatkan’. Huruf ‘sin’ yang dihubungkan dengan kata kerja imperfektum (fi’l al-mudharik) tersebut mengandung makna masa yang akan datang (al-mustaqbal).